Mengenal Area Kerja Software Video Editing “Adobe Premiere Pro” dan Penggunaannya

Video editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat.
Banyak software video editing beredar dipasaran, salah satunya adalah Adobe Premier.
Sebelum kita membahas Adobe premiere pro. Install dulu software Adobe Premiere Pro di PCAnda. Untuk download gratis software Adobe Premier Pro Secara gratis silahkan baca postingan saya terdahulu mengenai Download gratis software Adobe disini.
Jika software adobe premier sudah Anda download dan terinstal, jalankan program Adobe Premiere Pro yang telah kita instal dengan cara pilih Start > All Programs > Adobe Premiere Pro . Tampilan awal program seperti gambar berikut.

Membuat Project Baru dan Mengatur Seting Dasar Setelah menjalankan Adobe Premiere Pro maka langkah selanjutnya adalah membuat project baru dan mensetingnya, langkahnya :
1. Klik tombol New Project yang terdapat pada kotak dialog pembuka. Maka akan tampil kotak dialog New Project

2. Pada kotak dialog New Project atur Available Presets dengan pilihan DV-PAL Standard 48 KHz, 48 KHz menyatakan rate audio ketika direkam. Jika DV Camcorder menggunakan format video NTSC, pilih DV-NTSC Standard 48 KHz.
3. Lalu pilihlah lokasi penyimpanan file dengan klik tombol Browse.

4. Isikan nama project pada text box Name dengan nama Baru1. Selanjutnya klik tombol OK untuk melanjutkan. Maka akan tampil area kerja Adobe Premiere Pro.
Mengenal Area Kerja Adobe Premiere Pro
Garis besar lingkungan kerja Adobe Premiere Pro terdiri dari 3 bagian utama, yaitu :
a. Project Window, yang berada pada sebelah kiri atas.
b. Monitor Window, yang berada pada sebelah kanan atas.
c. Timeline Window, yang berada di sebelah kiri bawah.
d. Tools Window, yang berada di sebelah kiri bawah.

Project Window Project Window adalah tempat dimana Anda menyimpan clip/footage (sebutan bagi file yang digunakan dalam digital video production) yang berupa file image, audio, title dan video yang akan digunakan dalam proses editing. Project Window memiliki 2 bagian yaitu Tab Project yang berisi daftar clip dan Tab effects yang berisikan daftar efek audio, transisi audio, efek video dan transisi video.


Monitor Window Monitor Window terdiri dari Source Monitor Window dan Sequence Monitor Window, di sebelah kiri merupakan Source Monitor Window, sedangkan sebelah kanan merupakan Sequence Monitor Window. Source Monitor Window sangat berguna dalam proses trimming video nantinya, dan Sequence Monitor Window digunakan untuk melihat preview hasil editing pada Timeline.

Timeline Window
Timeline Window adalah tempat untuk menyusun dan menempatkan clip/footage untuk kemudian diedit. Dinamakan timeline karena bekerja berdasarkan waktu (secara horisontal), sedangkan secara vertikal Timeline dibagi dalam "track", yang terdiri dari track Video dan Audio. Adobe Premiere Pro menggunakan format SMPTE dalam satuan waktunya. SMPTE (Society of Motion Picture dan Television Engineers) adalah organisasi dari orang-orang film dan televisi internasional. Satuan format SMPTE adalah berdasarkan Jam:Menit:Detik:Frame. Misalnya posisi 00: 05: 15: 19 artinya kita berada pada posisi menit ke-5, detik ke-15 dan frame ke-19. Dengan format ini kita akan tahu durasi dari sebuah movie

Tools Window
Tools Window berisikan tombol Selection Tool, Track Selection Tool, Ripple Edit Tool, Rolling Edit Tool, Rate Scratch Tool, Razor Tool, Slip Tool, Slide Tool, Pen Tool, Hand Tool, Zoom Tool yang nantinya banyak digunakan dalam proses editing video.

 
Download Artikel diatas disini

0 comments:

Post a Comment